5 Alasan Kenapa Undangan Digital Digemari Generasi Milenial





01/06/2020



Undangan pada awalnya identik dengan kertas yang dicetak berisi keterangan acara dan diberikan kepada tamu undangan. Namun berkat perkembangan teknologi dan maraknya penggunaan sosial media di beberapa tahun terakhir, akhirnya muncul inovasi undangan berbentuk digital atau yang juga dinamakan e-invitation.


Sama seperti undangan cetak yang dapat didesain sesuai keinginan, undangan digital ini juga berisi informasi acara baik itu untuk acara pernikahan, ulang tahun, farewell, wisuda atau lainnya. Bedanya undangan digital ini tidak dicetak dan dikirimkan secara fisik kepada tamu undangan, namun berupa format digital seperti teks, file gambar, video (motion video, animasi, atau dokumentasi foto) ataupun website yang dikirimkan via media chat dan media sosial seperti whatsapp, line, facebook, instagram dan lainnya.


Ada beberapa kelebihan menggunakan undangan digital dibandingkan dengan undangan cetak. Berikut 5 alasan utama kenapa undangan digital digemari oleh generasi milenial:



1. Lebih mudah dan cepat pembuatannya





Sumber: https://id.wikihow.com


Biasanya kalau mau membuat undangan cetak kita harus datang dan survei ke vendor undangan. Karena harus dicetak secara fisik berarti kita harus memilih bentuk undangan dan jenis kertas yang akan digunakan. Biasanya sebelum dicetak massal kita akan dikirimkan dummy (contoh print) dari undangan tersebut.


Dari proses desain sampai selesai kira-kira akan memakan waktu 1-4 minggu (tergantung kemampuan vendor). Setelah selesai kita juga harus menuliskan nama tamu satu persatu di undangan dan mengirimkan ke alamatnya.


Sedangkan kalau kita menggunakan undangan digital dari proses pemesanan sampai selesai paling cepat bisa 1 hari selesai (kembali lagi tergantung kemampuan vendor). Pengirimannya pun mudah dan cepat karena langsung bisa di share ke tamu undangan via media chat dan media sosial dalam hitungan detik.


Kalaupun ada revisi detail acara bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan mencetak ulang undangan. Jika menyelenggarakan acara yang mendadak dan butuh undangan yang cepat maka undangan digital bisa menjadi solusinya.



2. Lebih hemat biaya produksi dan distribusi





Sumber: https://id.pinterest.com


Biaya untuk pembuatan undangan cetak ditentukan dari bentuk undangan (soft cover atau hard cover), jumlah halaman, jenis kertas, dan jumlah cetaknya. Semakin bagus bahan dan semakin banyak jumlahnya maka harganya juga semakin mahal.


Karena sudah banyak vendor undangan yang berjualan via online, hal ini memudahkan proses pemesanan karena tidak harus datang ke lokasi. Namun pengiriman undangan cetak tetap membutuhkan ongkos kirim untuk bisa sampai ke alamat kita. Begitu juga dengan ongkos kirim yang harus kita siapkan untuk mengirimkan undangan ke alamat para tamu.


Sedangkan keuntungan kalau kita menggunakan undangan digital adalah berapapun jumlah tamu yang akan kita undang tidak berpengaruh kepada harganya. Dan proses pengirimannya juga tidak membutuhkan ongkos kirim. Kita bisa mengirimkan undangan ke tamu yang tinggal di luar kota atau bahkan luar negeri dengan mudah dan murah.



3. Bisa dilihat kapan saja dan dimana saja





Sumber: https://instagram.com/maca.undangan


Saat mendapatkan undangan cetak ada kalanya kita lupa menyimpannya dimana atau hilang padahal kita tidak ingat tanggal, jam, ataupun lokasi acaranya. Sedangkan kalau undangan digital kita bisa selalu melihatnya di gadget kita. Kalaupun hilang kita bisa dengan mudah untuk mengirimkannya kembali.



4. Lebih ramah lingkungan

Setelah selesai acara biasanya undangan cetak yang kita dapat tidak disimpan kecuali benar-benar bagus atau spesial bukan? Sayang sekali kalau hanya digunakan sementara waktu, akhirnya dibuang dan menjadi sampah. Menggunakan undangan digital juga sebenarnya tidak berdampak secara signifkan terhadap lingkungan namun cukup membantu mengurangi limbah kertas.



5. Bisa berisi konten lebih banyak

Terbatasnya budget membuat informasi yang bisa kita tampilkan di undangan cetak juga terbatas. Dengan undangan cetak kita bisa menampilkan banyak hal seperti link, share lokasi ataupun slide foto.





Sumber: https://instagram.com/maca.undangan


Itulah beberapa keuntungan undangan digital dibandingkan undangan cetak. Namun ada juga beberapa hal perlu diperhatikan dari undangan digital:


Undangan digital dianggap kurang formal untuk diberikan kepada tamu undangan yang kita hormati seperti orang yang lebih tua, guru ataupun bos di kantor. Keterbatasan akses terhadap teknologi juga membuat kita tetap harus membuat undangan cetak untuk tamu undangan yang tidak memiliki media chat ataupun media sosial. Namun bisa tetap menggunakan undangan digital untuk dikirimkan kepada teman-teman dan kerabat yang seumuran ataupun lebih muda.


Karena undangan digital ini sangat mudah untuk di share, hal ini juga beresiko di share kepada orang-orang yang sebenarnya tidak kita undang dan akhirnya berpengaruh pada jumlah tamu yang akan datang di hari H. Kalian harus memastikan bahwa undangan hanya disebar kepada tamu terpilih dan diharapkan untuk tidak disebar ke pihak lain.


Sebagai generasi milenial yang dikenal suka sesuatu yang instan dan tidak mau repot, undangan digital ini merupakan solusinya. Bagaimana cara memesan undangan digital?


Maca menyediakan berbagai template undangan digital murah yang menarik dan bisa request sesuai keinginan. Silahkan klik disini untuk info selengkapnya. Tunggu apalagi, yuk buat undangan digitalmu!